Selamat datang di maiav3.blogspot.com => Blog "TANPO ASMO"

LAZARUS

Kamis, 17 Januari 20130 komentar



.:PEMROGRAMAN LAZARUS:.

Lazarus adalah sebuah IDE (Integreted Development Environment), lingkungan pengembangan perangkat lunak yang terintegrasi sehingga pembuatan software menjadi RAPID, dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Lazarus bersifat open source, tersedia untuk banyak platform terutama Linux, Windows dan Macintosh. Bahasa pemrograman yang dijadikan landasan dalam Lazarus adalah Pascal. Karena itu, saat pengembangan aplikasi, apa yang disediakan oleh Lazarus terasa sebagaimana yang terdapat di Delphi, IDE Pascal visual yang terkenal di lingkungan Windows.
.: I.D.E LAZARUS:.

.:MENU LAZARUS:.

Menu-menu penting dalam pemanfaatan Lazaruz ditampilkan pada bagian paling atas jendela Lazarus. Seperti pada software lain, menu File, Edit, Search, View, Window dan Help terdapat pada Lazarus dan dengan mudah dipahami kegunaan dan cara menggunakannya. Menu lain yang akan sering digunakan adalah Project dan Run. Menu Project digunakan untuk membuka jendela tertentu untuk mengatur proyek pengembangan software yang sedang dilakukan. Dalam Lazarus, setiap program komputer yang dikembangkan dinamakan project. Menu run digunakan untuk menjalankan,mentrace atau menghentikan  eksekusi program atau proyek.

Bagian di sebelah kanan toolbar tadi, di bawah menu utama adalah daftar komponen yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi visual. Komponen-komponen ini deikelompokkan berdasarkan fungsinya. Pada tab Standard terdapat komponen-komponen untuk membuat tampilan standard dari jendela aplikasi seperti tombol dan teks. Tab Data Controls berisi komponen-komponen untuk mengendalikan akses ke suatu database. Sedangkan akses ke databese tersebut dilakukan melalui komponen yang terdapat pada tab Data Access.

.:FORM LAZARUS:.

Di bawah menu utama dan daftar komponen terdapat sebuah jendela, biasanya berjudul Form1. Jendela ini adalah bagian utama dari sebuah aplikasi visual. Form merupakan komponen yang paling penting dalam pemrograman visual. Diatas form inilah diletakkan komponen-komponen lain.
.:OBJECT INSPECTOR:.

Pada sisi kiri terdapat sebuah kotak dengan judul Object Inspector. Jendela ini digunakan untuk mengatur perilaku dari suatu kontrol atau komponen yang telah diletakkan di atas suatu Form atau jendela aplikasi yang sedang kita kembangkan. Setiap jenis komponen akan mempunyai properti yang berbeda. Properti-properti ini dapat diubah pada saat pengembangan memanfaatkan object inspector atau saat eksekusi programdengan menuliskan perintah-perintah dalam kode program. 
.:SOURCE EDITOR:.
Bagian lain yang sangat penting adalah Source Editor. Di sinilah programmer menuliskan baris-baris kode program untuk mengatur apa yang harus dilakukan oleh Aplikasi. kode program ditulis mengikuti aturan dalam bahasa Pascal.

.:MESSAGE:.

Pada bagian paling bawah terdapat sebuah jendela Massages. Pada jendela inni akan muncul pesan-pesan tertentu saat eksekusi program terutama jika terjadi kesalahan atau eror.
.:KELEBIHAN LAZARUS:.

Kelebihan Lazarus jika dibandingkan dengan Delphi adalah sebagai berikut:
1. Open Source dan Free
2. Multiplatform, mendukun Windows, Linux, Mac OS dan Pocket PC
3. Bisa menghasilkan code 64-bit
4. Dikembangkan oleh komunitas open source sehingga berkembang dengan sangat pesat

V.A.R.I.A.B.E.L
Variabel adalah nama yang mewakili suatu elemen data. Ada aturan tertentu yang wajib diikuti dalam pemberian nama variabel, antara lain:
  • Harus dimulai dengan abjad, tidak boleh dengan angka atau symbol
  • Tidak boleh ada spasi diantaranya
  • Jangan menggunakan simbol yang bisa membingugkan seperti titik dua, titik koma, koma, dan sebagainya.
  • Sebaiknya memiliki arti yang sesuai dengan elemen data
  • Sebaiknya tidak terlalu panjang

.:TIPE DATA:.









Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Maia Achiea Template
Copyright © 2011. .: ^_^ :. - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger